Senin, 18 Maret 2013

Cara Menguatkan Sinyal modem TelkomselFlash

Hemm, kadang bete juga ketika Kuota unlimited TelkomselFlash kita sudah habis, pasalnya internetan jadi lelet deh. Padahal sebelumnya bisa ngebuuut,huft! Saya juga pernah (sering) mengalami hal seperti itu. Setelah mencapai "Fair Usage", kecepatan akan diturunkan menjadi max. 64 Kbps, dan tentunya itu sangat mengganggu aktivitas browsing dan download Anda bukan ?

Lelah sudah mencari informasi di internet mengenai cara mengoptimalkan sinyal modem TelkomselFlash tersebut. Dari sekian banyak tutorial Cara Menguatkan Sinyal modem TelkomselFlash kebanyakan sangatlah rumit dan membuang-buang waktu dan biaya.

mempercepat internet TelkomselFlash
Cara Menguatkan Sinyal modem TelkomselFlash yang paling murah dan sederhana adalah dengan menggunakan "extention/ exrender" (atau apalah namanya, saya lupa) USB. Ini semacam kabel  USB perpanjangan, selama kita bisa meletakkan modem kita di tempat yang tidak ada penghalangnya atau langsung mengarah ke arah luar, tapi harus diingat, posisi dan arah modem sangat berpengaruh terhadap kecepatannya di mode ini.

Sebenarnya masih banyak cara lagi yang bisa diandalkan dalam hal ini, seperti dibawah ini :

1. Klik kanan My Computer akan keluar gambar seperti di bawah ini


mempercepat internet TelkomselFlash

2. Pilih Properties
3. Setelah terbuka, pilih Hardware kemudian Device Manager

internet Cepat Telkomselflash Unlimited


4. Pilih Modem kemudian klik kanan Modem tersebut [tergantung modemnya semuanya sama kalau di klik akan menampilkan seperti gambar di bawah ini]

memperkuat koneksi TelkomselFlash

5. Pilih Advanced, dan masukkan "Extra Command".pilihlah satu diantaranya (tergantung layanan operator yang dipergunakan:
Extra Command :
  • XL : at+cgdcont=1,”IP”,”www.xlgprs.net”
  • Telkomsel Flash Time Based : at+cgdcont=1,”IP”,”flash”


  • Telkomsel Volume / Flash Unlimited : at+cgdcont=1,”IP”,”internet”
  • Telkomsel Volume / Flash Unlimited : at+cgdcont=1,”IP”,”telkomsel”
  • Indosat : at+cgdcont=1,”IP”,”indosatgprs”
  • Indosat 3G Unlimited : at+cgdcont=1,”IP”,”indosat3g”
  • Indosat Im2 Broom Unlimited : at+cgdcont=1,”IP”,”indosatm2″
  • Axis (NTS) : at+cgdcont=1,”IP”,”axis”
  • Three : at+cgdcont=1,”IP”,”3gprs”
Sumber : Warung Informasi | http://kutak-ketik.blogspot.com/

Modem Telkomselflash
Sebagai Acuan kedua dalam berbagi pengalaman saya tentang kecepatan  internet modem TelkomselFlash saya. Tidak tahu mengapa, beberapa hari ini kecepatannya makin tak stabil , selalu menunjukkan angka 0 kbps, dan kadang-kadang hanya mencapai belasan kbps. Tapi entah mengapa adik  saya tanpa engaja meletakkan sebuah  tembaga tepat di samping modem internet TelkomselFlash tersebut. Dan alhasil, kecepatan modem koneksi TelkomselFlash saya bertambah mencapai 80 kbps, dan konstan dengan kecepatan terendah sebesar 40 kbps. Saya tidak tahu mengapa hal itu bisa terjadi, entah secara kebetulan atau pola pikir apa yang kemudian memaksa saya untuk melilitkan Gulungan Tembaga tersebut di  modem koneksi TelkomselFlash unlimited saya, Sehingga menyerupai antena.

Anehnya, Sinyal 3G yang tadinya belum pernah sekalipun terdapat dikampung saya, kini sudah menjangkau dengan sendirinya. Maklum, karena selama ini, saya hanya mendapat setidaknya 2 bar sinyal GPRS.

Langkah ini sangat efektif dipergunakan di pemukiman yang tidak terjangkau dengan menara BTS. dengan kata lain, penambahan antena mini ini bertujuan untuk mendapatkan sinyal 3G (HSPA,HSDPA,HSUPA dsb)dan mendapatkan koneksitas yang stabil, bukan menambah speed maupun menambah transfer rate. Sedangkan untuk mendapat kecepatan dan akselerasi maksimum, sebenarnya itu mustahil dan murni akal-akalan provider.

Saya tidak akan berbicara panjang lebar. Lain lubuk lain ilalang, Lain dulu, lain sekarang. Entah kenapa beberapa tahun ini kualitas telkomsel makin terpuruk. Harga paket unlimited yang naik, tetapi kualitas tak kunjung menjadi penyelesaian dan malah diturunkan. Saya yang pelanggan setia 2 tahun ini merasa dirugikan dengan adanya peraturan baru yakni penurunan Fair usage dengan paket unlimited yang semula diturunkan 64 Kbps, kini malah mengalami kemunduran 12 Kbps.

Jadi pesan saya, Meskipun sobat berada dalam jangkauan sinyal 3G dengan 4 bar sekalipun, tetapi kualitas jaringan provider payah, itu akan sia-sia. Lebih bijak sejak dini memilih provider selular ya sobat. Semoga beruntung. Heh

Kalau ada yang mau menambahkan, monggooo !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar